Yap, kali ini kita akan bahas sebuah permasalahan atau teka-teki yang bernama 3 priests and 3 devils problem.

Teka-teki atau puzzle ini mungkin pernah kalian temui pada video game kira-kira 10 tahun yang lalu.

Dan ia memiliki banyak nama, ada yang bilang 3 missionaries and 3 cannibals atau 3 wise and 3 devils.

Namun inti permasalahannya tetap sama, dan inilah yang akan kita pelajari saat ini.

 

Pendahuluan


Agar lebih mudah, istilah priests dan devils kita pakai yang bahasa indonesianya saja, yaitu pendeta dan iblis.

Jadi permainan atau teka-teki ini memiliki beberapa ketentuan.

a. Ada 6 buah karakter yang terdiri dari 3 pendeta dan 3 iblis.

b. Terdapat 2 pulau, pulau sebelah kanan dan pulau sebelah kiri.

c. Terdapat satu buah perahu yang bisa dipakai untuk menyeberang.

d. Perahu tersebut memiliki kapasitas membawa maksimal 2 karakter dalam sekali dayung.

e. Perahu hanya bisa bergerak jika memiliki penumpang.

f. Kemudian kondisi awal, baik ketiga pendeta dan ketiga iblis berada di pulau sebelah kanan.

g. Kondisi menang diperoleh di saat kalian berhasil memindahkan semua karakter tersebut ke pulau sebelah kiri.

h. Di saat kalian bermain, apabila jumlah iblis melebihi jumlah pendeta di salah satu pulau yang ada, maka kalian kalah.

 

Ilustrasi Penyelesaian


Berikut ini adalah ilustrasi bagaimana kita dapat menyelesaikan permainan ini.

3 Priests and 3 Devils Solution

Mulai dari Initial state atau kondisi awal.

Kemudian lanjut satu pendeta dan satu iblis menyeberang ke pulau kiri.

Lanjut lagi satu pendeta di pulau kiri kembali menyeberang ke pulau kanan.

Lalu dua iblis di pulau kanan menyeberang ke pulau kiri.

Satu iblis kembali lagi ke pulau kanan.

Kemudian lanjut lagi ke dua pendeta dari pulau kanan yang pergi ke pulau kiri.

Satu pendeta kembali lagi ke pulau kanan.

Tujuannya untuk menjemput satu pendeta dari pulau kanan untuk sama-sama pergi ke pulau kiri.

Kemudian satu iblis dari pulau kiri kembali ke pulau kanan.

Iblis itu sendiri datang untuk menjemput satu iblis lagi dan kembali ke pulau kiri.

Lanjut lagi satu iblis kembali lagi ke pulau kanan.

Dan iblis yang kembali itu menjemput satu iblis yang tersisa untuk datang ke pulau kiri.

Itu kiranya penjelasan singkat terkait bagaimana kita dapat memenangkan permainan ini.

Kalian bisa mainkan permainan ini di banyak situs web di internet atau mengunduh game-nya agar bisa dimainkan secara offline.

Berikut ini adalah alamat situs web yang bisa kalian kunjungi untuk memainkan puzzle tersebut, Priests Devils – Inbox Games.

 

Notasi Matematika


Kalau tadi kita sudah selesaikan puzzle tersebut secara manusiawi atau menggunakan akal manusia.

Sekarang kita coba untuk membawa permasalahan ini ke dalam komputer.

Dengan cara mengubah keseluruhan elemen dari masalah tersebut ke dalam notasi matematika.

Contohnya seperti berikut, notasi simpul = (A, B) | (I, J) K, variabel K = posisi dari perahu.

Baca juga : Tipe Data, Variabel dan Konstanta – Antek Teknologi

Jika posisi K ada di kanan, berarti perahu menepi di pulau kanan, contoh (A, B) | (I, J) K.

Namun jika posisi K ada di kiri, maka sebaliknya, perahu menepi di pulau kiri, contoh K (A, B) | (I, J).

Kemudian ada dua tanda kurung yang mengelilingi dua buah angka.

Kedua tanda kurung ini melambangkan kedua pulau yang ada sesuai dengan posisinya.

Jika tanda kurung itu di sebelah kiri, maka ia mewakili pulau yang di sebelah kiri, dan begitu juga sebaliknya.

Kemudian arti untuk keempat variabel yang tersisa adalah:

A = jumlah pendeta di pulau kiri

B = jumlah iblis di pulau kiri

I = jumlah pendeta di pulau kanan

J = jumlah iblis di pulau kanan

 

Tahapan Menuju Kemenangan


Sesuai dengan ketentuan notasi sebelumnya, di sini sudah ada dua state penting yaitu initial dan goal state.

Intial state = (0, 0) | (3, 3) K dan goal state = K (3, 3) | (0, 0).

Karena intial dan goal state sudah ada, kita bisa mulai mencoba banyak kombinasi untuk menyelesaikan masalah ini.

Berikut ini adalah tahapan dari setiap state yang berawal dari initial state sampai kita mendapatkan goal state.

Pada ilustrasi kali ini juga sudah disediakan semua kemungkinan yang dapat terjadi untuk setiap state.

Persegi panjang dengan garis merah artinya kondisi kalah terpenuhi karena jumlah iblis melebihi jumlah pendeta di salah satu pulau.

Sedangkan persegi panjang dengan garis putih artinya bisa dipilih, namun belum tentu pilihan tersebut adalah pilihan yang tepat.

Jadi belum tentu pilihan yang bisa terpilih adalah pilihan yang belum pernah dilalui sebelumnya.

Untuk nama sub-judul yaitu “tahapan menuju kemenangan” bisa diabaikan, karena nama itu bersifat random.

Bentuk Notasi Matematika

 

Rangkuman


Berikut tadi penjelesan tentang puzzle atau teka-teki yang bernama 3 priests and devils problem.

Jadi puzzle atau riddle ini sendiri bisa dipakai untuk mempelajari tentang hal dasar pada konsep artificial intelligence.

Karena memang tujuan dari puzzle ini adalah mencari langkah yang tepat dalam mencapai tujuan.

Di mana langkah-langkahnya dengan memindahkan karakter dari satu pulau ke pulau lainnya.

Dengan pilihan karakter dan jumlah yang berbeda di setiap langkah atau terjadinya penyeberangan.

Pemilihan keputusan harus dilakukan secara hati-hati agar kondisi kalah tidak terpenuhi.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *